|
|
|
BIODATA SEKOLAH |
|
Nama Sekolah |
: |
SMP NEGERI 30 SEMARANG |
|
NPSN |
: |
20328836 |
|
Alamat |
: |
Jl. Amarta No. 21 |
|
Kelurahan |
: |
Krobokan |
|
Kode Pos |
: |
50141 |
|
Kecamatan |
: |
Semarang Barat |
|
Kota |
: |
Semarang |
|
Propinsi |
: |
Jawa Tengah |
|
No. Telepon |
: |
(024) 7604005 |
|
No. Fax |
: |
(024) 7615362 |
|
|
: |
|
VISI dan MISI |
|
VISI |
|
Prima Dalam Prestasi, Berbudaya, Peduli Lingkungan Berdasarkan Iman Dan Taqwa |
|
MISI |
|
1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki |
|
2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah |
|
3. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya secara optimal |
|
4. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga etika moral sehingga menjadi kearifan dan kesatuan dalam bertindak |
|
5. Menerapkan managemen partisipasi dengan melibatkan seluruh warga san stake holder sekolah |
|
6. Menumbuhkembangkan partisipasi warga sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan asri. |
BRANDING SMP NEGERI 30 SEMARANG
“SEMANGAT”
(Sekolah Mitra Keluarga dan Masyarakat)
Filosofi dan Makna
SMP Negeri 30 Semarang memiliki kekuatan berupa sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Letak SMP Negeri 30 Semarang yang berada di tengah kota, menunjang peningkatan kualitas belajar dan mengajar. Sehingga konsep “Kepedulian” yang ditekankan dalam tagline branding tersebut menjadi relevan ketika segala bentuk akses dan fasilitas dapat dijangkau.
2. Weakness (Kelemahan)
Dengan adanya sistem wilayah (zonasi), SMP Negeri 30 Semarang dengan tagline branding “Kepedulian untuk Generasi Bangsa” tidak memiliki kesempatan untuk melakukan filtrasi terhadap kualitas peserta didik. Sebab, walaupun dengan kemampuan yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan pihak sekolah, peserta didik tersebut juga merupakan Generasi Bangsa. Sehingga diperlukan usaha yang lebih keras, atau perlakuan khusus untuk bisa mencapai standar yang telah ditetapkan terhadap peserta didik tersebut.
3. Opportunity (Peluang)
Tagline branding “Kepedulian untuk Generasi Bangsa”, SMP Negeri 30 Semarang memiliki kesempatan untuk menjadi sekolah pelopor kepedulian bagi generasi penerus bangsa Indonesia, dan Semarang khususnya. Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk membuat program-program baru yang merujuk pada peningkatan kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah, baik dari segi penggunaan teknologi yang terbarukan, atau meningkatkan kompetensi peserta pendidik.
4. Threats (Ancaman)
Ancaman dengan tagline branding “Kepedulian untuk Generasi Bangsa” yang dimiliki SMP Negeri 30 Semarang dapat berasal dari competitor (sekolah lain). Terlebih apabila competitor tersebut masuk kategori sekolah unggulan. Hal ini akan menjadi permasalahan ketika sekolah unggulan tersebut dengan segala bentuk kelebihannya juga melakukan program kerja yang sama dengan SMP Negeri 30 Semarang. Faktor pemicunya terletak pada aspek “Generasi Bangsa”. Competitor dapat melakukan klaim bahwa generasi yang mereka miliki lebih unggul. Perlu dijadikan perhatian.